Saturday, December 1, 2007

Presentasi Kesepuluh

SPORT MARKETING

10.12.2007

Bauran Pemasaran / Marketing Mix :

Promosi



Pertanyaan-pertanyaan :

· Mendefinisikan Promosi

· Menguraikan Rencana Promosi, apa yang harus dilakukan pada setiap langkah? (6 pertanyaan)

· Apa tujuan tipe-tipe Promosi?

· Sebutkan 4 tipe Promosi.


Pengantar

Produk anda telah siap, harga telah ditentukan, jalur distribusi telah dipilih. Akan tetapi, konsumen hanya akan membeli produk anda jika mereka mengetahui produk anda ada; jika mereka merasa ada manfaat dari penggunaan produk anda; dan jika mereka mengetahui di mana produk anda bisa diperoleh.


Bagaimana mendefinisikan Promosi?

· Promosi merupakan fungsi dari memberitahukan, meyakinkan, dan mempengaruhi konsumen akhir, perusahaan pelanggan, komunitas bisnis, atau media, tentang produk perusahaan, keterlibatannya dan image perusahaan. (Mempengaruhi konsumen pembeli dalam mengambil keputusan hanyalah salah satu aspek dari promosi).

Mengapa Promosi?

· Ada bermacam alasan menggunakan Promosi :

- Menginformasikan tentang adanya sebuah produk baru

- Meningkatkan image atas merek atau membalikkan reputasi buruk.

- Menginformasikan tempat dan jalur-jalur distribusi.

- Memperingatkan konsumen akan kesempatan yang ditawarkan terkait dengan produk.

- Menciptakan kepedulian/kesadaran konsumen terhadap produk dan perusahaan anda.


Bagaimana merencanakan Promosi?

· Menetapkan tujuan promosi

· Memperhitungkan anggaran

· Mengembangkan rencana yang spesifik

· Menentukan metode promosi (media)

· Menentukan bauran promosi

· Menciptakan rencana evaluasi


Bagaimana menetapkan tujuan Promosi?

· Tujuan apapun harus didasari atas pertanyaan : “Apa yang ingin dicapai perusahaan anda lewat promosi?”

· Tujuan promosi muncul dari tujuan Pemasaran.

· Tujuan Pemasaran berasal dari tujuan perusahaan.


Apa tujuan dari tipe promosi?

· Berdasarkan permintaan

- Bersifat persuasif

- Konsumen akan membeli

· Berdasarkan pendidikan/pelatihan

- Bersifat informatif, mengingatkan

- Konsumen akan belajar tentang perusahaan dan produk-produknya.

· Berdasarkan Image

- Bersifat informatif (konsisten)

- Konsumen akan mengembangkan sikap khusus terhadap produk dan mereknya.


Bagaiamana Anggaran mempengaruhi Strategi Promosi?

· Metode promosi yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda begitupun biayanya.

· Sekalipun dalam metode umum dengan efek yang lebih luas, lebih mahal, dalam banyak kasus tidak selalu benar.

· Seorang marketer harus memperhatikan tujuan promosi dan memilih metode yang terbaik sesuai dengan rencana anggarannya.


Apa yang ada dalam Metode Promosi secara umum?

· Ada beberapa tipe umum dari metode promosi

- Periklanan

- Public relations / publisitas

- Penjualan perorangan

- Promosi penjualan

· Rencana promosi meggabungkan satu atau lebih dari lima metode.


Apa itu Periklanan?

· Periklanan merupakan pesan yang dikirim ke penerima (publik) untuk menginformasikan, meyakinkan dan membangkitkan emosi penerima/pembaca.

· Periklanan (produk) dikontrol oleh periklanan perusahaan, oleh karena itu kemungkinan kurang dipercaya.

· Sadarilah bahwa periklanan untuk olahraga, dalam olahraga dan dengan olahraga, jelas merupakan kegiatan yang berbeda. (Kita saat ini hanya membahas periklanan untuk olahraga, sedangkan periklanan dengan dan dalam olahraga, akan dibicarakan bersama-sama dengan topik Sponsorship).


Apa itu Publisitas atau PR?

· Publisitas merupakan sarana pemberitaan perusahaan anda. PR lebih luas lagi.

· Media dapat didorong dengan berbagai cara untuk memberikan laporan (informasi) kepada perusahaan anda.

· Berbeda dengan periklanan, publisitas tidak memerlukan biaya.

· Publisitas dikontrol oleh pihak ketiga. Hal ini menguntungkan bagi kredibilitas yang baik, tetapi bisa juga kerugian dari kemungkinan buruk atau publisitas yang tidak diinginkan.

· Adalah penting tapi sulit untuk mencapai nilai publisitas yang tinggi.

Apa itu Penjualan Perseorangan?

· Penjualan Perseorangan merupakan presentasi langsung (dengan mulut) kepada konsumen yang berpotensi untuk menjadi yakin dan melakukan transaksi pembelian.

· Kontak Person adalah istilah yang dipakai untuk proses informasi pembentukan image atau menciptakan sebuah jaringan.

· Tindakan yang berbeda yang diambil untuk mempengaruhi atau menciptakan situasi penjualan perseorangan, bergantung pada sistem distribusi yang dipakai.

· Semua medi atau gabungan beberapa media mempunyai kemampuan menciptakan perbandingan 1:1 aliran informasi yang mungkin digunakan.


Apa itu Promosi Penjualan?

· Promosi Penjualan agak sulit untuk didefinisikan karena hal itu mengumpulkan semua kegiatan/aktifitas yang tidak sesuai ke dalam tiga kategori lainnya.

· Promosi penjualan termasuk : nilai kegiatan penjualan dan material, kegiatan khusus, harga promosi, hadiah dan sampel produk, surat kabar, sponsorship, merchandise, ……

· Promosi pernjualan biasanya hanya akan efektif bila dikombinasikan dengan metode lainnya.

Bagaimana menciptakan Bauran Promosi?

· Metode Promosi yang berbeda memberikan efek yang berbeda, seperti jumlah potensi konsumen yang dicapai, kredibilitas, harga, pilihan grup tertentu, daya pengaruh dari media, …….

· Efek dari bauran promosi seharusnya lebih besar dari penjumlahan setiap aspeknya (secara terpisah).

· Perhatikan : apakah anda mendapatkan perhatian? Terhadap pasar yang diharapkan? Akankah pesan anda dapat dimengerti?

· Inti dari siklus hidup produk dipertimbangkan betul-betul.

· Tingkat efektifitas Bauran Promosi tergantung pada 4(7)P dan 4C. Setiap aspeknya harus dipertimbangkan.

· Apakah anda ingin menarik atau mendorong strategi?

Bagaimana mengevaluasi kegiatan Promosi?

· Lamanya efek promosi tergantung pada banyak faktor. Beberapa faktor tetap, beberapa faktor secara konstan mengubah promosi jika perlu untuk memonitor dan mengevaluasi semua tindakan promosi yang diambil dalam rangka kemungkinan efisiensi promosi terbaik.

· Evaluasi dilakukan lewat penelitian pemasaran dan akan menyatakan apakah tujuan awal yang ditetapkan tercapai atau tidak.


Terima Kasih

Jangan ragu untuk bertanya !

No comments: