Saturday, December 1, 2007

Presentasi kesembilan

SPORT MARKETING

10.12.2007

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) :

Tempat (Distribusi)

Pertanyaan-pertanyaan:

· Apa itu Distribusi?

· Bagaimana tipe/merek produk mempengaruhi distribusi? Jelaskan perbedaan antara kegiatan olahraga, barang, layanan, pertunjukan, media.

· Apa yang ada pada distribusi tingkat menengah?

· Apa itu sistem distribusi dan apa tujuan dari sistem tersebut?

· Deskripsikan perbedaan tipe-tipe distribusi dan berikan contoh untuk setiap tingkat.

Apa itu Distribusi?

Suatu bisnis olahraga harus bisa mendekatkan / mengantarkan produknya kepada konsumen, atau dalam beberapa kasus, mendekatkan konsumen kepada produknya. Kegiatan ini disebut Pendistribusian atau dalam 4P dari Marketing Mix disebut “Tempat”. Dengan demikian :

· Distribusi adalah proses mengantarkan produk ke konsumen.

atau definisi lainnya :

· Sistem Distribusi adalah metode-metode dan jalur-jalur yang dipakai untuk mengantarkan produk dari produsen ke konsumen.

· Distribusi tingkat menengah adalah individu atau organisasi yang menyalurkan/mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen.

Bagaimana memilih jalur distribusi yang benar?

· Keputusan memilih jalur distribusi, diantara berbagai faktor, tergantung pada jenis produk (kegiatan, barang olahraga, layanan olahraga, hiburan olahraga, mdia olahraga) dan jenis konsumen (pemakai, pengusaha/bisnis).

· Bagaimana tipe produk mempengaruhi distribusi?

· Ada dua kategori utama produk : produk yang diproduksi kemudian diedarkan / distribusikan ke konsumen, dan produk yang diproduksi ketika konsumen datang untuk menggunakannya.

Bagaimana mendistribusikan kegiatan olahraga?

· Kegiatan olahraga melibatkan produk. Produk-produk ini diantar secara langsung ke konsumen. Baik konsumen yang datang ke tempat yang memproduksi (fasilitas, tempat penginapan/resort, atau sejenisnya), atau produsen yang mendatangi konsumen.

· Bagaimana mendistribusikan barang-barang olahraga?

· Produk-produk jeis ini biasanya diproduksi dalam pabrik atau tempat sejenisnya kemudian diangkut ke konsumen secara langsung atau ke tempat dimana penjual akan menjual (baik sebagai pemakai maupun pengusaha). Sistem distribusi akan menjadi kompleks (mengunakan tingkat menengah/perantara) atau langsung.

Bagaimana mendistribusikan Jasa?

· Jasa biasanya disistribusikan secara langsung.

· Tergantung pada jenis jasa yang ditawarkan, produsen jasa bisa menawarkan secara langsung ke konsumen atau konsumen yang datang ke produsen.

Bagaimana mendistribusikan pertunjukan olahraga?

· Proses distribusi tergantung pada jenis Pembeli.

· Konsumen pembeli tiket secara langsung melalui suatu sistem yang kompleks para penjual tiket baru kemudian menyaksikan pertunjukan.

· Perusahaan olahraga menjual area tempat penonton atau mengiklankannya secara langsung atau melalui agen penjualan khusus.

Bagaimana mendistribusikan Media olahraga?

· Tergantung pada jenis Media, apakah produk diantar secara langsung ke konsumen (TV, website) atau produk dijual di toko-toko, atau diantar oleh pihak ketiga seperti Federal-Express atau DHL (Majalah, DVD).

· Tergantung pada ukuran group konsumen, apakah diantar secara langsung atau melalui distribusi tingkat menengah.

Bagaimana mendistribusikan barang-barang Tak Berwujud?

· Tergantung pada jenis produk, keberadaan aspek fisik (fasilitas, perangkat keras) dan berdasarkan jumlah konsumen (pelatihan perorangan, pertunjukan berkelanjutan), produk Tak Berwujud diantar secara langsung ke konsumen atau dikonsumsi/dipakai oleh konsumen pada saat mendatangi tempat yang menyediakan/menyelenggarakan kegiatan olahraga.

· Konsumen dan produsen harus bertemu pada waktu yang sama (shelf life) dan (hampir selalu) di tempat yang sama.

Apa saja manfaat dari distribusi?

· Manfaat waktu : mengantarkan produk ke konsumen pada saat konsumen membutuhkannya.

· Manfaat tempat : mengantarkan produk ke tempat yang diingkinkan oleh konsumen.

· Manfaat posisi : menciptakan manfaat keberadaannya bagi konsumen.

Apa saja yang termasuk dalam distribusi tingkat Menengah?

· Pedagang Grosir, perusahan yang membeli dalam jumlah besar dan menjualnya secara langsung atau sebagai konsumen akhir.

· Penjual langsung : menjual produk kepada konsumen akhir (e-tailer : penjualan berbasisi internet).

· Agen : pedagang, menerima pesanan, dan memesan dari produsen, mengantarkan produk ke konsumen.

· Surat penawaran : perusahaan yang membeli dari produsen dan menawarkan melalui katalog produk atau sistem elektronik.

· Distributor : pedagang grosir tingkat menengah.

Apa saja yang termasuk dalam Sistem distribusi?

· Langsung : tanpa tingkat menengah/perantara, konsumen membeli produk secara langsung ke produsen.

· Kompleks : satu atau lebih distributor perantara terlibat dalam mendistribusikan produk ke konsumen.

Apa tujuan dari Sistem Distribusi?

· Mengurangi jumlah transaksi yang dibutuhkan.

· Meningkatkan daya jangkau area produk

· Mengurangi biaya pengiriman

· Memfokuskan bisnis utama.

Bagaimana cara memilih Sistem Distribusi yang tepat?

· Apa produk anda?

· Kenali kebutuhan konsumen : kapan, dimana dan bagaimana konsumen dapat membeli. Jika anda mengetahui kebutuhan konsumen, jadikan sebagai umpan balik ke produsen.

· Pilihan apa saja yang tersedia pada saat anda menemukan kebutuhan perusahaan?

· Apa yang dilakukan pesaing anda?

· Aspek hukum, etika, lingkungan atau politik yang mempengaruhi keputusan anda?

Intensitas Distribusi

· Distribusi secara intens : sebanyak jumlah penjualan yang memungkinkan.

· Distribusi secara selektif : hanya jumlah penjualan tertentu yang sesuai dengan standar anda (semua toko produk olahraga).

· Distribusi secara khusus/eksklusif : hanya penjualan dengan jumlah tertentu (hanya lewat TV pada dengan waktu terbatas, hanya pada First Fitness / Celebrity Fitness di tempat anda, dll).

Terima Kasih !

Jangan ragu untuk bertanya

No comments: