SPORT MARKETING
17.12.2007
Bagian I
Hubungan dengan Media
Pertanyaan-pertanyaan :
·         Bagaimana seharusnya seorang Sport Marketeer  memandang Media?
·         Apa yang harus anda lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan media?
·         Kapan dan bagaimana mengadakan konferensi pers?
·         Bagaimana membuat press release?
·         Apa perbedaan utama dari 
·         Apa keistimewaan dari TV?
Bagaimana memandang Media
·         Media diperlakukan sebagaimana sebagai pelanggan
·         Media mencari berita yang menarik perhatian konsumen mereka.
·         Pertimbangkan perbandingan grup konsumen anda dan grup konsumen media.
·         Pertimbangkan apa yang ingin didengar/dilihat/dibaca konsumen media.
·         Berhati-hatilah! Media biasanya memberikan opini yang beragam.
Bagaimana menjalin hubungan baik dengan media?
·         Kenali orang-orang yang bertanggungjawab (paling berpengaruh)
·         Dapat diterima
·         Dapat bekerjasama, tidak bersifat agresif
·         Memperhatikan penampilan
·         Jangan menggunakan bahasa/logat tertentu. Bicaralah jelas dan mudah dimengerti.
·         Gunakan fakta, abaikan rumor/informasi yang tidak jelas.
·         Jangan mengatakan sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk diumumkan.
·         Berikan layanan terbaik untuk media.
·         Jika ada berita menghebohkan/sensasional yang dirahasiakan, jangan langsung membuat pernyataan.
·         Jika anda menginginkan publisitas, berikanlah informasi secara cepat.
Kapan dan bagaimana mengadakan Konferensi Pers?
·         Konferensi pers hanya dilakukan untuk memperjelas / menegaskan suatu informasi. Bukan kegiatan periklanan : BERITA!
·         Pilih waktu secara seksama. Hari yang tepat, waktu yang tepat dam dengan jarak yang sesuai dengan jadwal event/kegiatan terdekat lainnya.
·         Persiapkan semua informasi dan pilih tempat penyelenggaraan dengan seksama.
·         Adalah penting juga memperhatikan kesan pertama.
·         Selalu memberikan informasi kepada sampai kegiatan/event yang diadakan selesai.
·         Jangan pernah menarik perhatian pada publisitas yang buruk.
Bagaimana mengadakan Press Release?
·         Press releases merupakan cara paling efektif berurusan dengan media, baik pers maupun elektronik.
·         Sekali lagi : perhatikan pembentukan kesan pertama.
·         Berikan informasi tentang siapa, apa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana.
·         Gunakan piramida terbalik : informasi penting dari atas ke bawah.
·         Gunakan kalimat yang pendek dan dapat dimengerti
·         Selalu memberikan informasi kontak yang lengkap; alamat yang jelas.
Surat Kabar dan Majalah
Radio
·         Waktu pagi hari / waktu kerja, jam-jam sibuk.
·         Fokus pada hasil, deskripsikan
·         Sumber informasi : wawancara, laporan
·         Aset jangka pendek dari informasi
Televisi
·         Sangat khusus
·         Fokus pada gambar
·         Berformat majalah
·         Asetnya diperluas
·         Kompleksitas dalam produksi
·         Fokus pada kualitas menurus penonton
Manajemen Krisis
·         Mengotrol aliran informasi
·         Menentukan tim penanganan krisis atau orang yang bertanggungjawab
·         Pikirkan apa yang akan dikatakan, jangan menyimpan / menarik sebagian informasi. Jika anda ingin menceritakan sesuatu, ceritakanlah seluruhnya secara benar.
·         Jangan membuat pengecualian. Beritahukan tindakan apa yang akan diambil.
SPORT MARKETING
17.12.2007
Bagian II
Sponsorship dan Dukungan
Pertanyaan-pertanyaan:
·         Model dukungan seperti apa yang dapat anda sebutkan. Jelaskan!
·         Bagaimana memilih atlit-pendukung yang tepat
·         Jelaskan keuntungan dan kerugian dari dukungan/sponsorship perorangan dibandingkan dengan dukungan/sponsorship kelompok. 
Apa saja Model Dukungan dan Sponsorship?
·         Model Eksplisit : dukungan langsung
·         Model Implisit : pameran kegunaan produk
·         Model imperatif : rekomendasi atas produk
·         Model Co-present : pertunjukan gabungan bersama produk.
Bagaimana memilih atlit-pendukung yang tepat
·         Melakukan penelitian untuk mengetahui image yang dinginkan konsumen tentang produk.
·         Melakukan penelitian untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk image tersebut. 
·         Mengidentifikasi atlit-atlit olahraga yang dipilih yang sesuai dengan image produk.
·         Mengevaluasi kemampuan atlit-atlit tersebut dalam meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk.
Siapa yang bisa anda gunakan sebagai Pendukung / Sponsorship?
·         Pendukung perorangan
-      Tergantung pada sikap perorangan, skandal beresiko sedang  tapi efeknya kuat.
·         Pendukung Kelompok 
-      Kebanyakan tergantung pada kinerja, skandal beresiko tinggi tapi tidak terlalu berpengaruh.
·         Dukungan / Sponsorship kegiatan
-      Tergantung pada publisitas kegiatan, resiko skandal kecil, pengaruh pembentukan image rendah, adanya masalah terkait dengan kontrak perorangan.
·         Sponsorship dari organisasi
-      Mengingatkan terus-menerus 
Terima Kasih!

No comments:
Post a Comment