Saturday, December 1, 2007

Presentasi Kesebelas

SPORT MARKETING

17.12.2007

Bagian I

Hubungan dengan Media

Pertanyaan-pertanyaan :

· Bagaimana seharusnya seorang Sport Marketeer memandang Media?

· Apa yang harus anda lakukan untuk meningkatkan hubungan dengan media?

· Kapan dan bagaimana mengadakan konferensi pers?

· Bagaimana membuat press release?

· Apa perbedaan utama dari surat kabar dan majalah?

· Apa keistimewaan dari TV?

Bagaimana memandang Media

· Media diperlakukan sebagaimana sebagai pelanggan

· Media mencari berita yang menarik perhatian konsumen mereka.

· Pertimbangkan perbandingan grup konsumen anda dan grup konsumen media.

· Pertimbangkan apa yang ingin didengar/dilihat/dibaca konsumen media.

· Berhati-hatilah! Media biasanya memberikan opini yang beragam.

Bagaimana menjalin hubungan baik dengan media?

· Kenali orang-orang yang bertanggungjawab (paling berpengaruh)

· Dapat diterima

· Dapat bekerjasama, tidak bersifat agresif

· Memperhatikan penampilan

· Jangan menggunakan bahasa/logat tertentu. Bicaralah jelas dan mudah dimengerti.

· Gunakan fakta, abaikan rumor/informasi yang tidak jelas.

· Jangan mengatakan sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk diumumkan.

· Berikan layanan terbaik untuk media.

· Jika ada berita menghebohkan/sensasional yang dirahasiakan, jangan langsung membuat pernyataan.

· Jika anda menginginkan publisitas, berikanlah informasi secara cepat.

Kapan dan bagaimana mengadakan Konferensi Pers?

· Konferensi pers hanya dilakukan untuk memperjelas / menegaskan suatu informasi. Bukan kegiatan periklanan : BERITA!

· Pilih waktu secara seksama. Hari yang tepat, waktu yang tepat dam dengan jarak yang sesuai dengan jadwal event/kegiatan terdekat lainnya.

· Persiapkan semua informasi dan pilih tempat penyelenggaraan dengan seksama.

· Adalah penting juga memperhatikan kesan pertama.

· Selalu memberikan informasi kepada sampai kegiatan/event yang diadakan selesai.

· Jangan pernah menarik perhatian pada publisitas yang buruk.

Bagaimana mengadakan Press Release?

· Press releases merupakan cara paling efektif berurusan dengan media, baik pers maupun elektronik.

· Sekali lagi : perhatikan pembentukan kesan pertama.

· Berikan informasi tentang siapa, apa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana.

· Gunakan piramida terbalik : informasi penting dari atas ke bawah.

· Gunakan kalimat yang pendek dan dapat dimengerti

· Selalu memberikan informasi kontak yang lengkap; alamat yang jelas.

Surat Kabar dan Majalah

Radio

· Waktu pagi hari / waktu kerja, jam-jam sibuk.

· Fokus pada hasil, deskripsikan

· Sumber informasi : wawancara, laporan

· Aset jangka pendek dari informasi

Televisi

· Sangat khusus

· Fokus pada gambar

· Berformat majalah

· Asetnya diperluas

· Kompleksitas dalam produksi

· Fokus pada kualitas menurus penonton

Manajemen Krisis

· Mengotrol aliran informasi

· Menentukan tim penanganan krisis atau orang yang bertanggungjawab

· Pikirkan apa yang akan dikatakan, jangan menyimpan / menarik sebagian informasi. Jika anda ingin menceritakan sesuatu, ceritakanlah seluruhnya secara benar.

· Jangan membuat pengecualian. Beritahukan tindakan apa yang akan diambil.

SPORT MARKETING

17.12.2007

Bagian II

Sponsorship dan Dukungan

Pertanyaan-pertanyaan:

· Model dukungan seperti apa yang dapat anda sebutkan. Jelaskan!

· Bagaimana memilih atlit-pendukung yang tepat

· Jelaskan keuntungan dan kerugian dari dukungan/sponsorship perorangan dibandingkan dengan dukungan/sponsorship kelompok.

Apa saja Model Dukungan dan Sponsorship?

· Model Eksplisit : dukungan langsung

· Model Implisit : pameran kegunaan produk

· Model imperatif : rekomendasi atas produk

· Model Co-present : pertunjukan gabungan bersama produk.

Bagaimana memilih atlit-pendukung yang tepat

· Melakukan penelitian untuk mengetahui image yang dinginkan konsumen tentang produk.

· Melakukan penelitian untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk image tersebut.

· Mengidentifikasi atlit-atlit olahraga yang dipilih yang sesuai dengan image produk.

· Mengevaluasi kemampuan atlit-atlit tersebut dalam meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk.

Siapa yang bisa anda gunakan sebagai Pendukung / Sponsorship?

· Pendukung perorangan

- Tergantung pada sikap perorangan, skandal beresiko sedang tapi efeknya kuat.

· Pendukung Kelompok

- Kebanyakan tergantung pada kinerja, skandal beresiko tinggi tapi tidak terlalu berpengaruh.

· Dukungan / Sponsorship kegiatan

- Tergantung pada publisitas kegiatan, resiko skandal kecil, pengaruh pembentukan image rendah, adanya masalah terkait dengan kontrak perorangan.

· Sponsorship dari organisasi

- Mengingatkan terus-menerus

Terima Kasih!

Jangan Ragu Untuk Bertanya

No comments: