SPORT MARKETING
27.11.2007
Segmentasi, Target dan Positioning
Pertanyaan-pertanyaan:
¨ Mengapa Segmentasi pasar terhadap konsumen itu penting?
¨ Mengapa Segmentasi Industri itu penting?
¨ Apa kriteria yang harus dipenuhi dalam sebuah proses Segmentasi pasar?
¨ Bagaimana proses Segmentasi pasar dilakukan?
¨ Bagaimana proses Segmentasi Industri dilakukan?
¨ Apa 6 enam langkah dalam sebuah proses Segmentasi?
¨ Apa saja yang terdapat dalam sebuah strategi penentuan Target?
¨ Apa 4 langkah dari proses penentuan Posisi pasar secara sederhana?
Segmentasi
¨ Segmentasi adalah sebuah proses membagi dan mengelompokkan konsumen dan industri ke dalam suatu golongan/segmen secara relatif serupa (homogen) untuk berbagai macam tujuan.
- Segmentasi pasar konsumen olahraga
- Segmentasi industri olahraga
Mengapa segmentasi pasar terhadap konsumen itu penting?
¨ Meningkatnya variasi tingkat sosial
- Ras / status kewarganegaraan
- Latar belakang agama
- Sikap dan
- Penghasilan
- ….
¨ Segmentasi adalah hal yang penting dalam memahami kelompok konsumen dengan variasi tingkat sosial dan sebagai upaya penentuan target khusus kelompok konsumen.
Mengapa Segmentasi Industri itu penting?
¨ Analisis dan segmentasi industri dapat mengungkapkan bagaimana status perusahaan dibandingkan dengan pesaing atau menentukan adanya kompetisi dalam sebuah segmen pasar tertentu. Hal ini memberikan kemungkinan bagi perusahaan untuk memfokuskan usahanya pada segmen khusus tersebut dan oleh karena itu, maka penggunaan sumber daya yang ada harus dilakukan secara lebih efisien.
Apa kriteria yang harus dipenuhi dalam sebuah proses Segmentasi pasar?
¨ Dapat diidentifikasi
- Segmen harus dapat dikenali dan diukur
¨ Berkelanjutan / terus menerus
- Ukuran segmen harus cukup besar untuk mengukur adanya perhatian marketing mix.
¨ Mudah dicapai
- Segmen harus dapat dicapai melalui pengaturan marketing mix.
¨ Bersifat responsif
Segmen harus menanggapi pengaturan marketing mix terhadapnya.
Bagaimana proses Segmentasi pasar dilakukan?
¨ Segmentasi dilakukan dengan cara membagi penggunaan satu atau lebih dasar segmen.
¨ Basis segmen biasanya berdasarkan demografis, psikografis, geografis, penggunaan produk dan keuntungannya, demikian juga dengan tingkah laku
Bagaimana proses Segmentasi Industri dilakukan?
¨ Tidak seperti segemtasi pasar yang berdasarkan pada individu/personal, segmentasi industri didasari pada karakteristik bisnis.
¨ Umumnya adalah bidang usaha, tipe konsumen, ukuran konsumen, penggunaan produk, kriteria pembelia.
Apa 6 enam langkah dalam suatu proses Segmentasi
¨ Memilih pasar atau industri
¨ Memilih satu atau lebih basis segmentasi
¨ Memilih variabel yang spesifik.
¨ Menganalisa segmen
¨ Memilih satu atau lebih target matker atau industri
¨ Membangun strategi marketing mix yang cocok
Apa saja yang terdapat dalam strategi penentuan Target?
¨ Strategi penentuan target tanpa deferensiasi.
¨ Strategi penentuan target tempat (Niche)
¨ Strategi penentuan target multi-segmen
Bagaimana kedudukan dari produk-produk olahraga?
¨ Positioning menentukan pandangan (image) terhadap produk atau perusahaan dan menjadi dasar referensi konsumen ketika mereka hendak memutuskan untuk membeli produk dari suatu perusahaan.
Apa 4 langkah dalam proses positioning secara sederhana?
¨ Menentukan preferensi atribut produk dari target pasar.
¨ Menentukan strategi positioning aktual
¨ Menganalisis posisi aktual dan preferensi pasar dari atribut produk.
¨ Determine a positioning strategy
Terima Kasih!
•Jangan ragu untuk bertanya.
No comments:
Post a Comment