Sunday, December 2, 2007

Presentasi kedelapan

SPORT MARKETING

04.12.2007

Marketing Mix:

HARGA

Pertanyaan-pertanyaan:

¨ Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?

¨ Apa itu Elastisitas Permintaan?

¨ Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?

¨ Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?

Harga

¨ Harga merupakan pertukaran terhadap suatu nilai (dalam hal ini, Produk).

¨ Nilai merupakan ukuran kuantitatif dari manfaat suatu produk.

¨ Nilai yang diharapkan adalah apa yang dipikirkan / diterima konsumen terhadap sesuatu yang bermanfaat.

Reaksi Konsumen

¨ Konsumen lebih sensitif terhadap harga; bahkan terhadap kata “harga” ; itulah jumlah yang diberikan dalam usahanya mendapat sebuah produk.

¨ Nilai uang adalah relatif. Tergantung pada tingkat pendapatan konsumen, biaya lainnya, biaya untuk melakukan kegiatan olahraga.

¨ Nilai yang diterima / kepuasan bersifat indifidual (subjektif perorangan)

Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?

Konsumen

¨ Konsumen akan membayarkan sejumlah uang atas manfaat yang ia yakini akan diperoleh dari produk tersebut; keyakinan akan seberapa besar manfaat tersebut, tergantung pada sejumlah faktor.

¨ Preferensi perorangan terhadap; kualitas produk, garansi, reputasi perusahaan; pengeluaran-pengeluaran tambahan, opini teman, keluarga, salesman, informasi yang tersedia pada produk uji coba, majalah, ……

¨ Ada perbedaan mendasar antara pertimbangan ilmu pengetahuan dengan perilaku konsumen.

Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?

Pesaing

¨ Tergantung pada kompetisi strategi harga yang bervariasi

¨ Makin banyak kompetisi, semakin jelas tercipta harga yang bisa diterima pasar secara umum.

Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?

Perusahaan

¨ Sejauh mana perusahaan telah meningkatkan keuntungan

¨ Bentuk resmi perusahaan anda akan memberikan pengaruh terhadap strategi biaya dan penetapan harga

Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?

Iklim

¨ Tingkat ekonomi memberikan pengaruh lebih jauh terhadap harga dan pengembangannya.

¨ Dalam beberapa kasus, regulasi hukum mungkin akan mempengaruhi penetapan harga

Apa itu Elastisitas Harga?

Elastisitas Harga :

Apa itu Elastisitas Permintaan?

¨ Elastisitas silang-harga

¨ Elastisitas Pendapatan

Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?

¨ Kebutuhan produk (barang mewah)

¨ Ketersediaan penganti

¨ Frekuensi pembelian

¨ Ketersediaan pendapatan

¨ Tingkat ekonomi

¨ Loyalitas merk/brand

¨ Kompetisi (kuantiti, kualitas)

¨ Kualitas produk

¨ Kekhasan/kekhususan produk

¨ Jangka waktu permintaan

Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?

¨ Harga jual sebagai akibat adanya persaingan harga (Going-rate pricing)

¨ Harga jual berdasarkan permintaan

¨ Harga jual yang berbeda

¨ Harga pengenalan tertinggi (Peak-load and off-load pricing)

¨ Harga berdasarkanmusim (Seasonal pricing)

¨ Harga berdasarkan rata-rata biaya

¨ Harga penetrasi

¨ Harga plus biaya (Cost Plus pricing)

¨ Analisa Pulang Pokok (Break even analysis)

¨ Harga pada masa tertentu (Short-term pricing)

¨ Harga berdasarkan lini produk (Product-line pricing)

Terima Kasih!

Jangan Ragu Untuk Bertanya

No comments: