04.12.2007
Marketing Mix:
HARGA
Pertanyaan-pertanyaan:
¨ Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
¨ Apa itu Elastisitas Permintaan?
¨ Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?
¨ Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?
Harga
¨ Harga merupakan pertukaran terhadap suatu nilai (dalam hal ini, Produk).
¨ Nilai merupakan ukuran kuantitatif dari manfaat suatu produk.
¨ Nilai yang diharapkan adalah apa yang dipikirkan / diterima konsumen terhadap sesuatu yang bermanfaat.
Reaksi Konsumen
¨ Konsumen lebih sensitif terhadap harga; bahkan terhadap kata “harga” ; itulah jumlah yang diberikan dalam usahanya mendapat sebuah produk.
¨ Nilai uang adalah relatif. Tergantung pada tingkat pendapatan konsumen, biaya lainnya, biaya untuk melakukan kegiatan olahraga.
¨ Nilai yang diterima / kepuasan bersifat indifidual (subjektif perorangan)
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Konsumen
¨ Konsumen akan membayarkan sejumlah uang atas manfaat yang ia yakini akan diperoleh dari produk tersebut; keyakinan akan seberapa besar manfaat tersebut, tergantung pada sejumlah faktor.
¨ Preferensi perorangan terhadap; kualitas produk, garansi, reputasi perusahaan; pengeluaran-pengeluaran tambahan, opini teman, keluarga, salesman, informasi yang tersedia pada produk uji coba, majalah, ……
¨
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Pesaing
¨ Tergantung pada kompetisi strategi harga yang bervariasi
¨ Makin banyak kompetisi, semakin jelas tercipta harga yang bisa diterima pasar secara umum.
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Perusahaan
¨ Sejauh mana perusahaan telah meningkatkan keuntungan
¨ Bentuk resmi perusahaan anda akan memberikan pengaruh terhadap strategi biaya dan penetapan harga
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Iklim
¨ Tingkat ekonomi memberikan pengaruh lebih jauh terhadap harga dan pengembangannya.
¨ Dalam beberapa kasus, regulasi hukum mungkin akan mempengaruhi penetapan harga
Apa itu Elastisitas Harga?
Elastisitas Harga :
Apa itu Elastisitas Permintaan?
¨ Elastisitas silang-harga
¨ Elastisitas Pendapatan
Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?
¨ Kebutuhan produk (barang mewah)
¨ Ketersediaan penganti
¨ Frekuensi pembelian
¨ Ketersediaan pendapatan
¨ Tingkat ekonomi
¨ Loyalitas merk/brand
¨ Kompetisi (kuantiti, kualitas)
¨ Kualitas produk
¨ Kekhasan/kekhususan produk
¨ Jangka waktu permintaan
Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?
¨ Harga jual sebagai akibat adanya persaingan harga (Going-rate pricing)
¨ Harga jual berdasarkan permintaan
¨ Harga jual yang berbeda
¨ Harga pengenalan tertinggi (Peak-load and off-load pricing)
¨ Harga berdasarkanmusim (Seasonal pricing)
¨ Harga berdasarkan rata-rata biaya
¨ Harga penetrasi
¨ Harga plus biaya (Cost Plus pricing)
¨ Analisa Pulang Pokok (Break even analysis)
¨ Harga pada masa tertentu (Short-term pricing)
¨ Harga berdasarkan lini produk (Product-line pricing)
Terima Kasih!
Jangan Ragu Untuk Bertanya
No comments:
Post a Comment