04.12.2007
Marketing Mix:
HARGA
Pertanyaan-pertanyaan:
¨       Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
¨       Apa itu Elastisitas Permintaan?
¨       Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?
¨       Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?
Harga
¨       Harga merupakan pertukaran terhadap suatu nilai (dalam hal ini, Produk).
¨       Nilai merupakan  ukuran kuantitatif  dari manfaat suatu produk.
¨ Nilai yang diharapkan adalah apa yang dipikirkan / diterima konsumen terhadap sesuatu yang bermanfaat.
Reaksi Konsumen
¨       Konsumen lebih sensitif terhadap harga; bahkan terhadap kata “harga” ; itulah jumlah yang diberikan dalam usahanya mendapat sebuah produk.
¨       Nilai uang adalah relatif. Tergantung pada tingkat pendapatan konsumen, biaya lainnya, biaya untuk melakukan kegiatan olahraga.
¨       Nilai yang diterima / kepuasan bersifat indifidual (subjektif perorangan)
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Konsumen
¨       Konsumen akan membayarkan sejumlah uang atas manfaat yang ia yakini akan diperoleh dari produk tersebut;  keyakinan akan seberapa besar manfaat tersebut, tergantung pada sejumlah faktor.
¨       Preferensi perorangan terhadap; kualitas produk, garansi, reputasi perusahaan; pengeluaran-pengeluaran tambahan, opini teman, keluarga, salesman, informasi yang tersedia pada produk uji coba, majalah, ……
¨       
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Pesaing
¨       Tergantung pada kompetisi strategi harga yang bervariasi
¨       Makin banyak kompetisi, semakin jelas tercipta harga yang bisa diterima pasar secara umum.
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Perusahaan
¨       Sejauh mana perusahaan telah meningkatkan keuntungan 
¨       Bentuk resmi perusahaan anda akan memberikan pengaruh terhadap strategi biaya dan penetapan harga
Bagaimana pengaruh 4C dalam Strategi Penentuan Harga?
Iklim 
¨       Tingkat ekonomi memberikan pengaruh lebih jauh terhadap harga dan pengembangannya.
¨       Dalam beberapa kasus, regulasi hukum mungkin akan mempengaruhi penetapan harga
Apa itu Elastisitas Harga?
Elastisitas Harga :

Apa itu Elastisitas Permintaan?
¨ Elastisitas silang-harga
¨ Elastisitas Pendapatan
Apa saja faktor yang mempengaruhi Elastisitas Permintaan?
¨       Kebutuhan produk (barang mewah)
¨       Ketersediaan penganti
¨       Frekuensi pembelian
¨       Ketersediaan pendapatan
¨       Tingkat ekonomi
¨       Loyalitas merk/brand
¨       Kompetisi (kuantiti, kualitas)
¨       Kualitas produk
¨       Kekhasan/kekhususan produk
¨       Jangka waktu permintaan
Apa hal yang utama dalam menetapkan strategi harga?
¨       Harga jual sebagai akibat adanya persaingan harga (Going-rate pricing)
¨       Harga jual berdasarkan permintaan
¨       Harga jual yang berbeda
¨       Harga pengenalan tertinggi (Peak-load and off-load pricing)
¨       Harga berdasarkanmusim (Seasonal pricing)
¨       Harga berdasarkan rata-rata biaya
¨       Harga penetrasi
¨       Harga plus biaya (Cost Plus pricing)
¨       Analisa Pulang Pokok (Break even analysis)
¨       Harga pada masa tertentu (Short-term pricing)
¨       Harga berdasarkan lini produk (Product-line pricing)
Terima Kasih!
Jangan Ragu Untuk Bertanya



No comments:
Post a Comment