Sunday, December 2, 2007

Presentasi ketujuh

SPORT MARKETING

03.12.2007

Marketing Mix : Produk



Pertanyaan-pertanyaan :

¨ Apa itu Produk Olahraga?

¨ Apa yang dimaksud dengan barang berwujud fisik / tidak berwujud fisik?

¨ Bagamana Produk Olahraga dapat diklasifikasikan?

¨ Apa itu Siklus Pertumbuhan Produk Olahraga?

¨ Aspek apa saja yang melingkupi Produk mix?

¨ Apa yang terdapat dalam Produk “Baru”? Apa itu pendekatan garis pertumbuhan?

¨ Bagaimana mengembangkan Produk?

¨ Bagaimana mendukung pengenalan Produk?

¨ Bagaimana menghilangkan sebuah Produk?

Apa itu Produk?

¨ Sebuah produk harus dapa dipahami sebagai sebuah konsep dengan terminologi yang mencakup barang, jasa, orang, tempat dan ide yang bersifat berwujud fisik (dapat diraba) atau tidak berwujud fisik (tidak dapat diraba)

Apa itu Produk Berwujud Fisik dan Produk Tidak Berwujud Fisik?

¨ Produk berwujud fisik hanya terkonsentrasi pada objek fisik. Contohnya: sepatu, raket tenis, klub golf.

¨ Produk tidak berwujud fisik tidak dapat ditentukan/tidak dapat diraba. Contohnya: suatu turnamen, sebuah sistem pelatihan.

¨ Banyak produk yang termasuk dalam aspek berwujud fisik dan tidak berwujud fisik pada saat yang bersamaan.

Apa itu Produk Olahraga?

¨ Setiap barang, jasa, orang, tempat atau ide yang bersifat berwujud fisik atau tidak berwujud fisik yang memuaskan / memenuhi kebutuhan konsumen atau hasratnya akan olahraga, kebugaran, atau produk rekreasi terkait.

Bagaimana Produk-produk Olahraga diklasifikasikan?

¨ Bisnis vs konsumen produk

¨ Jasa vs barang

Jasa penyewaan barang olahraga

Jasa kepemilikan barang olahraga

Jasa non-barang

¨ Segmen Industri

Performansi / kinerja olahraga

Produksi olahraga

Promosi olahraga


Apa itu Siklus Pertumbuhan Produk Olahraga?

Tahap Pengenalan produk

¨ Produk tidak dikenal

¨ Tidak ada penjualan

¨ Investasi tinggi

¨ Keuntungan kecil

¨ Tingginya prosentase kecacatan produk

¨ Kebutuhan akan periklanan

Tahap Pertumbuhan

¨ Meningkatnya penjualan

¨ Meningkatnya keuntungan

¨ Adanya kompetisi

¨ Harga turun

¨ Upaya hukum atas hak paten produk

Tahap Kejenuhan

¨ Penjualan tinggi tapi tidak meningkat

¨ Harga turun / adanya perang harga

¨ Keuntungan menurun

¨ Perbedaan yang tipis/kecil dengan pesaing

Tahap Penurunan

¨ Tekanan/tantangan penjualan

¨ Pergeseran/perubahan tren

¨ Produk baru

¨ Mundurnya perusahaan

Aspek apa saja yang melingkupi Produk mix/ bauran produk?

¨ Rentang : mengacu pada jumlah lini produk berbeda yang dijual perusahaan

¨ Kedalaman : mengacu pada jumlah varian produk dalam satu lini produk

¨ Konsistensi : mengacu pada seberapa dekat hubungan antar produk dalam satu lini

Apa yang terdapat dalam Produk “Baru”?

¨ Produk dengan tampilan fungsi terbaru

¨ Produk yang menawarkan perbaikan performansi terhadap fungsi yang telah ada

¨ Produk yang menawarkan aplikasi baru menggantikan yang telah ada sebelumnya

¨ Produk yang menawarkan fungsi-fungsi tambahan menggantikan fungsi yang telah ada sebelumnya

¨ Keberadaan produk diperkenalkan ke pasar yang baru

¨ Produk dengan harga yang lebih rendah

¨ Produk di-upgrade

¨ Produk yang di-downgrade

¨ Produk yang dibentuk/didesain ulang


Apa itu pendekatan garis pertumbuhan?

Bagaimana mengembangkan produk baru?

¨ Penciptaan ide-ide

¨ Penyeleksian dan Analisa

¨ Penelitian dan Pengembangan

¨ Percobaan Pemasaran

¨ Komersialisasi

Bagaimana mendukung pengenalan produk?

¨ Merk (merek dagang)

Nama Merk

Tanda/simbol Merk

¨ Kemasan Produk

Apa yang spesial dari kemasan sebuah produk olahraga?

¨ Adalah penting untuk mengingat bahwa olahraga terdiri dari barang berwujud fisik dan barang tidak berwujud fisik

¨ Kemasan produk adalah panggabungan dari element-element berwujud fisik dan tidak berwujud fisik

¨ Kemasan produk adalah fasilitas/tempat dimana produk itu berada

¨ Kemasan produk meliputi setiap yang menjadi perhatian dari konsumen selama masa hidup produk

Bagaimana konsumen bereaksi terhadap merk?

¨ Merk yang telak dikenal luas

¨ Preferensi merk (kecendrungan konsumen memilih merk ‘x” dibandingkan lainnya)

¨ Loyalitas merk (konsumen berusaha keras untuk mendapatkan produk dengan merk itu)

Bagaimana menghilangkan produk?

¨ Memperhatikan siklus hidup produk

¨ Mempertimbangkan pengaruhnya terhadap perusahaan

Produk perusahaan lainnya

Karyawannya

Mitra/partner bisnis

¨ Mempertimbangkan pengaruh terhadap hal lainnya

Pesaing-pesaingnya

Konsumennya

¨ Menciptakan strategi

Tahap keluar

Tahap penggantian

Terima Kasih!

Jangan ragu untuk bertanya.

No comments: