a) Penyewaan lapangan tenis
b) Pelatihan Tenis
c) Penggantian tali String untuk raket Tenis
Perusahaan tidak mendapatkan keuntungan yang nyata sehingga perubahan harga untuk memaksimalkan keuntungan, harus dilakukan. Manejer klub mengkonsultasikan hal ini dengan agen pemasaran lokal guna mencari tahu bagaimana reaksi konsumen terhadap perubahan harga dan juga harga dari para pesaingnya.
Agen pemasaran menemukan bahwa tidak ada fasilitas olahraga Tenis dalam jarak 100 km, jadi tidak ada pesaing. Klub Tenis tersebut mendominasi layanan atas 3 produk tersebut. Dalam penelitian selanjutnya, agen pemasaran mampu menghitung fungsi harga penjualan dan menginformasikan Manejer klub tentang jumlah konsumen yang mungkin akan menggunakan produk layanan-nya selama periode satu bulan.
Berikut ini perhitungan yang disampaikan kepada Manejer klub :
Sekarang, Manejer melakukan penelitian tentang biaya perawatan dan operasional bagi setiap produk layanan.
Biaya perawatan lapangan Tenis dan pembayaran pegawai resepsionis dan petugas taman adalah Rp. 6.000.000/bulan. Setiap proses perentalan mendapatkan lagi Rp. 30.000.
Pelatihan Tenis dilakukan sendiri oleh pelatih Tenis klub. Pelatih Tenis menerima gaji pokok Rp. 700.000/bulan ditambah Rp. 20.000 untuk setiap pelajaran Tenis.
Dikarenakan proses penggantian string Tenis dilakukan oleh orang luar/pihak ketiga, maka tidak ada biaya tambahan untuk produk layanan ini. Pihak klub akan menerima Rp. 70.000 untuk setiap penggantian string raket yang dilakukan konsumen.
Pemecahan masalah :
Jumlah uang yang diterima dihitung menggunakan rumus :
Keuntungan maksimal yang diperoleh jika :
a) Penyewaan lapangan Tenis
Keuntungan maksimal yang diperoleh apabila biaya penyewaan lapangan adalah Rp. 215.000
b) Pelatihan Tenis
Keuntungan maksimal dapat diperoleh dari pelatihan Tenis apabila harga untuk setiap pelajaran adalah Rp. 410.000.-
c) Perggantian String Tenis
Keuntungan maksimal yang dicapai apabila biaya pergantian string adalah Rp. 335.000
No comments:
Post a Comment